-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

PPID
Lapor.go.id
Kalender Tanam
Ejurnal
perpus_digital
Sigap UPG
TV-TANI
Saber Pungli
SKM
WBS
WBK
satu-layanan

Kalender Kegiatan

Social Media

Video

Download

Online

Terdapat 22 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 926686

Ir. Rudi Tejo Setiyono

     
Unit Kerja:
Balittri
Pendidikan:
S1
Jabatan:
Peneliti Madya
Bidang Keahlian:
Pemuliaan (Tanaman Jagung, Lada, Kopi, Kakao, Temulawak)
E-mail:
rudisetiyono6@gmail.com

Curriculum Vitae


Rudi Tejo Setiyono, atau yang biasa disapa Pak Rudi ini dilahirkan di Denpasar, Bali pada tanggal 21 bulan Juni 1953, menyelesaikan Sekolah Dasar di Cimahi. Kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Tingkat Pertama dan Tingkat Atas di Cimahi, Jawa Barat.

Beliau menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Padjadjaran pada tahun 1980, Jurusan Agronomi bidang pemuliaan.

Pak Rudi banyak mengikuti berbagai pendidikan informal yang diselenggarakan di dalam negeri dan luar negeri seperti pelatihan pemuliaan tanaman di Bogor; pelatihan pemuliaan dan perbenihan benih jagung di Thailand (Cimmyt); pelatihan perbaikan varietas jagung dan perbanyakan benih di Belgrade Yugoslavia; dan seminar – seminar yang diadakan di Indonesia dari tahun 1982 – 2016.

Sebagai peneliti pemuliaan, beliau sudah menulis beberapa karya tulis ilmiah, baik sendiri maupun bersama tim. Selain itu, beliau sudah melepas varietas unggul untuk komoditas jagung, temulawak, lada, kopi, karet dan kakao.

Karir bapak seorang putra dan putri ini dimulai di Kementerian Pertanian, khususnya pada Balai Penelitian Tanaman Pangan (Balittan) Bogor tahun 1980 pada kelompok peneliti pemuliaan, kemudian bermigrasi/reorganisasi ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Bogor pada tahun 2006 di bawah Kelompok Pemuliaan. Sejak tahun 2012 bernaung di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri (Balittri) Sukabumi pada Kelompok Pemuliaan, yang kemudian berganti nama dan mandat komoditi menjadi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sampai sekarang.

  1. Rudi T Setiyono. 2015. Memilih Benih Karet yang Baik dan Benar. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri. Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Vol 21, Nomor 1. Hal 12-16. ISSN 0853-8204.
  2. Laba Udarno dan Rudi T Setiyono. 2015. Tanaman Kakao di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Medkom Perkebunan. Tanaman Industri dan Penyegar. ISS. 2337-7941. Vol 3, Nomor 5, Mei 2015. Hal 36.
  3. Rudi T Setiyono. 2015. Budidaya dan Keragaan Hasil dan Mutu Lada Lokal Ciinten. Infotek Perkebunan. Media Bahan Bakar Nabati dan Perkebunan. Vol. 7, Nomor 8, Agustus 2015. ISSN2085-319X
  4. Bahan Tanaman Unggul Mendukung Bioindustri Kakao. Bunga Rampai. Inovasi, Teknologi Industri Kakao. IAARD Press .Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Hal. 3-14.
  5. Rudi T Setiyono. 2014. Seleksi Karet Alam Asal Biji Terhadap Produksi Lateks di Lampung Utara. Sirkuler Inovasi Tanaman Industri dan Penyegar. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor, Indonesia. Hal 17-24, Vol 2, Nomor 1, April 2014.
  6. Rudi T Setiyono dan Laba Udarno. 2014. Seleksi Plasma Nutfah Kopi Robusta di Desa Bodong Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat. Sirkuler Inovasi. Tanaman Industri dan Penyegar. Vol. 2, No. 2, Agustus 2014. Hal 85-92. ISSN 2337-3946. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan.