-->
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlights

perpus_digital
TV-TANI
satu-layanan
pui-balittri
Pakar Kopi
WBS
Sigap UPG
SKM
Ejurnal
Saber Pungli
Kalender Tanam
WBK
PPID
Lapor.go.id

Kalender Kegiatan

Video

Social Media

Download

Online

Terdapat 24 Tamu online

Polling

Apakah Situs Web Ini Informatif ?
 

Statistik

Jumlah Kunjungan Konten : 1150807

Dr. Ir. Samsudin, M.Si

     
Unit Kerja:
Balittri
Pendidikan:
S3
Jabatan:
Peneliti Ahli Madya
Bidang Keahlian:
Proteksi Tanaman
E-mail:
Samsudin.afaqih@gmail.com

Curriculum Vitae


Dr. Ir. Samsudin, M.Si. lahir di “kota bawang” Brebes, Jawa Tengah pada tanggal 6 Mei 1968. Mendapatkan gelar sarjana (S1) pada tahun 1992 dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) dan gelar Magister (S2) pada tahun 1999 dari Program Studi Bioteknologi IPB. Gelar Doktor (S3) diraih pada tahun 2011 dari Program Studi Entomologi, Sekolah Pascasarjana IPB. Pada tahun 2000 mengikuti training ”Plant Genetic Resources” di Tsukuba, Jepang.

Peneliti yang kerap dipanggil Pak Sam memulai karirnya sebagai peneliti sejak tahun 1995 ketika dipercaya oleh Balai Penelitian Bioteknologi (Balitbio) Bogor untuk menjadi Research Associate pada The Clemson University Palawija Integrated Pest Management Project sampai tahun 1997. Kemudian pada tahun 1997 sampai tahun 2000 diserahi tugas untuk melaksanakan penelitian pada FAO Vegetable Integrated Pest Management Programme in Indonesia khusus pada bidang Biological Control. Di samping itu, tahun 1999 – 2011 beliau mendapat amanah dari Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa Republika (DD Republika) untuk mengembangkan teknologi tepat guna yang dapat diadopsi dan dirasakan langsung manfaatnya oleh petani melalui Lembaga Pertanian Sehat (LPS). Sejak tahun 2012 sampai sekarang menjadi konsultan ahli khususnya bidang pertanian dan pemberdayaan masyarakat dari Daarul Qur’an (Daqu) Pusat.

Diawali sebagai honorer di Balai Penelitian Tanaman Pangan (Balittan) Bogor pada tahun 1994 – 1996, Pak Sam diangkat menjadi PNS pada tahun 1997 di Balai Penelitian Bioteknologi (Balitbio). Pada tahun 2004, beliau pindah tugas ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro), kemudian pindah tugas lagi ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Aneka Tanaman Industri (Balittri) pada tahun 2006. Saat ini beliau menjadi staf peneliti di Kelompok Peneliti (Kelti) Hama dan Penyakit Tanaman Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri). Jenjang fungsional Peneliti Muda diraih pada tahun 2012 dan Peneliti Madya diraih pada tahun 2015. Pernah menjadi Koordinator Program pada tahun 2012, Ketua Kelti Proteksi Tanaman dan Koordinator Jasa Penelitian (Jaslit) pada tahun 2013, dan Kepala Kebun (KP) Pakuwon dan Gunung Puteri tahun 2014 - 2015. Pak Sam telah menjadi salah satu tenaga ahli di bidang hama dan penyakit tanaman dari Direktorat Perlindungan Perkebunan, Ditjenbun, Kementerian Pertanian. Beliau sering mengisi seminar, pelatihan dan bimbingan teknis budidaya tanaman perkebunan khususnya di bidang pengendalian hama dan penyakit tanaman. Beberapa produk telah beliau hasilkan, antara lain: bioinsektisida berbahan aktif virus patogen serangga SeNPV dan SlNPV, pestisida nabati berbahan aktif azadirachtin dan biofungisida berbahan aktif Trichoderma viride.

Pak Sam menikah dengan Teti Purwasih, SSi pada tahun 1993 dan telah dikarunia 5 orang putera dan puteri.

Beberapa publikasi yang ditulis pak Sam dapat di lihat disini...